Rabu, 02 Februari 2011

Bahasa Mandarin Kian Diminati


Keinginan warga Sumatera Utara belajar ahasa mandarin semakin meningkat yang ditandai dengan bertambahnya peserta yang mengikuti ujian internasional bahasa mandarin.

“Tahun ini ada sebanyak 518 peserta yang mengikuti ujian internasional Bahasa Mandarin, sebelumnya hanya sekitar 300 peserta,” kata Public Relations Sekolah Tinggi Bahasa Asing Persahabatan Internasional Asia (STBA-PIA), Irwan Y Arifin, di Medan.

STBA-PIA menjadi pilihan untuk lokasi ujian internasional Bahasa Mandarin yang berlangsung selama dua hari, yakni 17-18 Oktober 2009.

Kehadiran peserta ujian ini menjadi motivasi bagi mahasiswa sekolah tinggi yang menjadikan Bahasa Mandarin sebagai program studi unggulan. “Dipilihnya STBA-PIA sebagai lokasi ujian internasional Bahasa Mandarin se Sumut merupakan kebanggaan tersendiri,” kata Irwan.

Di STBA-PIA sendiri, jelas dia, mahasiswa yang mengambil jurusan Bahasa Mandarin setiap tahun meningkat cukup signifikan. Pada tahun pertama dari 192 mahasiswa, 171 di antaranya memilih Program Bahasa Mandarin, sementara sisanya memilih jurusan Bahasa Inggris.

“Untuk tahun 2009 ini, jumlah mahasiswa jurusan Bahasa Mandarin mencapai 268 orang,” katanya.

Menurut dia, tingginya minat masyarakat belajar Bahasa Mandarin tidak lepas dari kesadaran setelah melihat perkembangan ekonomi dunia saat ini.

Posisi Bahasa Mandarin dalam dunia bisnis terus berkembang seiring dengan bangkitnya ekonomi China sebagai negara dengan jumlah penduduk terbesar di dunia.

Sebelumnya, Sekretaris Panitia Pelaksana ujian, yang juga Pembantu Ketua III STBA-PIA, Sinar Anwar mengatakan, Ujian Internasional Bahasa Mandarin se Sumut Tahun 2009 ini merupakan ke sembilan kalinya. Ujian diselenggarakan atas kerjasama Dirjen Pendidikan Luar Sekolah dan Pemuda, Depdiknas RI dengan Dirjen Kerjasama dan Pertukaran Internasional RRT.

“Ujian diikuti oleh 518 peserta terdiri dari tiga jenis kategori ujian yakni YCT (Youth Chinese Test), HSK (Hanyu Shuiping Kaoshi) dan BCT (Businness Chine Test),” katanya.

YCT sendiri lanjutnya terbagi tiga tingkat yakni tingkat I diikuti 111 peserta, tingkat II diikuti 109 peserta dan tingkat III diikuti 40 peserta. HSK juga terdiri dari tiga tingkat yakni tingkat dasar diikuti 95 peserta, tingkat trampil, 152 peserta dan tingkat mahir, 11 peserta. (*an/ham)

Sumber :
http://matanews.com/2009/10/28/bahasa-mandarin-kian-diminati/


Sumber Gambar:
http://www.pontianakpost.com/?mib=berita.detail&id=8131

Tidak ada komentar:

Posting Komentar